Sabtu, 12 Maret 2016

Jamur Matsutake

Keterangan : 

Jamur Matsutake (Tricholoma matsutake) atau jamur pinus adalah nama umum untuk jamur mikoriza langka dari genus Tricholoma familia Tricholomataceae. Jamur ini tumbuh liar di Cina, Jepang, Korea, Finlandia, dan tempat-tempat lain di dunia.
Jamur langka yang belum berhasil dibudidayakan dan diburu di hutan pinus wilayah beriklim sejuk. Dipanen pada musim gugur dan merupakan jamur berharga sangat mahal di Jepang. 


Manfaat Jamur Matsutake : 

Di Jepang, matsutake adalah bahan makanan mewah yang berharga sangat mahal di dunia dikarenakan jamur ini sangat sulit didapat dan memang sangat jarang ditemukan. Jamur ini bisa dibeli seharga 1,000 dollar per pon-nya bahkan ada jenis-jenis tertentu yang harganya bisa mencapai 2,000 dollar. Jamur ini terkenal dengan rasanya yang enak dan aroma buah-buahannya. Agaknya jamur ini menjadi kebanggaan masyarakat Jepang.. Jamur ini memiliki wangi harum yang kuat, dan dimakan setelah dipanggang sedikit di atas api, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake (matsutake gohan), dan sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).

klasifikasi ilmiah Kerajaan:

Fungi Divisi: Basidiomycota 

Kelas: Agaricomycetes 

Ordo: Agaricales 

Famili: Tricholomataceae 

Genus: Tricholoma 

Nama binomial Tricholoma matsutake 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar